Sunday 5 June 2016

RESEP NASI UDUK

CARA MEMBUAT NASI UDUK

cara membuat nasi uduk - Siapa yang tidak kenal nasi uduk ? Salah satu makanan yang terbuat dari nasi putih yang di aron dan di kukus dengan santan dan bumbu lainnya ini sudah menjamah hampir seluruh lapisan masyarakat. Umumnya nasi uduk ini disantap dengan ditemani dengan emping goreng, tahu goreng, ayam goreng dan juga sambal, yang pastinya akan menambah cita rasa nasi uduk itu sendiri.

Saya waktu masih kecil sih pernah makan nasi uduk, tapi saya tidak bertanya dan ibu saya pun tidak memberitahukan saya bahwa yang saya santap dengan lahap itu bernama nasi uduk, hehehehe. Sebelumnya kita pernah mencoba. Dan hari ini, saya akan berbagi resep membuat nasi uduk dengan mudah dan praktis, dimana anda bisa membuatnya sendiri dirumah.

gambar nasi uduk


Bahan dan bumbu :

  • 300 gram beras putih
  • 500 ml santan
  • 1 sendok teh garam
  • 2 biji cengkeh
  • 1 batang serai
  • 1,5 cm kayu manis
  • 2 lembar daun salam
  • 1 lembar daun pandan

Cara membuat nasi uduk :

  1. Terlebih dahulu campur kan beras dengan semua bahan dan bumbu, kecuali daun pandan. Masak sambil di aduk sesekali sampai santan nya menyusut, kemudian angkat.
  2. Masukkan daun pandan ke dalam air untuk mengukus, kemudian pasang sekat dan masukkan nasi aron nya. Setelah itu, kukus hingga matang (kira-kira kurang lebih 20 menit).
  3. Jika sudah matang, angkat dan sajikan nasi uduk dengan makanan pendamping favorit anda.

Nasi uduk ini sangat mantap sekali ditambah dengan makanan pendamping seperti telur dadar, ayam goreng, tempe goreng, tahu goreng, bergedel, daging dan tak lupa juga sambal. Buat saya pribadi, makanan tanpa sambal itu agak gimana gitu. maklumlah saya pecinta sambal dari kecil. Okey, sampai jumpa di resep makanan selanjutnya,selamat menikmati.....



SELAMAT MENCOBA


No comments:

Post a Comment